Monday, January 14, 2013

Pengertian Website

Pengertian Website Secara Umum

Website pada umumnya adalah salah satu media online yang berada di internet. Untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian internet dan cara kerjanya silahkan kunjungi artikel di blog situs WHA. Banyak media online yang terdapat di internet selain website, yaitu IM / Internet Messaging seperti YM, GTalk, Skype, IRC dan lain-lain.
Website sekarang ini menjadi trend di kalangan masyarakat dunia. Tidak heran jika di jaman sekarang orang-orang menilai perusahaan yang tidak mempunyai website itu dianggap perusahaan kecil, perusahaan yang kurang maju, dan sebagainya. Terlebih lagi, hampir setiap remaja Indonesia mempunyai website blog / personal blog karena memang blog sudah dimasukkan di kurikulum pendidikan di Indonesia, terutama di jenjang SMA/SMU/SMK sederajat. Kita harus berikan applause kepada negeri kita, Indonesia, yang akhirnya mau dan mampu mengikuti trend jaman. 

Website secara teori dan cara kerjanya

Oke saya lanjutkan kembali ke topik pengertian website. Pengertian website selain sebagai media online, website secara teoritis adalah … . Sebentar saya buka Laporan Tugas Akhir saya yang diuji oleh dosen UNY, Kadarisman TY (hehehehe., pamer   ). Jadi begini, pengertian website / WWW (World Wide Web) / situs web merupakan kumpulan informasi pada beberapa server kompuer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan internet, yang mana satu informasi dalam web mempunyai link-link yang menghubungkan informasi satu dan lainnya sehingga informasi (hypertext) itu menjadi informasi kompleks (hypermedia) serta berisikan informasi teks, gambar, audio, bahkan video.
Website ini sendiri agar dapat diakses oleh khalayak umum mempunyai beberapa aspek utama, yaitu script website, web server, web browser (seperti mozilla firefox, opera, google chrome, dll) maupun sql server jika diperlukan. Apa itu sql server? SQL server merupakan server basis data (database) atau penunjang informasi-informasi website terkait. Website tidak memperlukan sql server jika website itu merupakan website statis, yang mana tidak memperlukan data kompleks untuk disimpan. Sedangkan website dinamis, merupakan website yang mempunyai data-data kompleks dan harus di simpan di SQL server.
SQL itu adalah kepanjangan dari … . Sebentar saya buka buku besar saya lagi (ah kelamaan deh loe!!). Belajar sebaiknya SerSan, serius tapi santai mas-mbak-dek-om-tante.  SQL adalah kepanjangan dari Structured Query Language. SQL ini mempunyai statement DDL (Data Definition Language) dan juga DML (Data Manipulation Language). DDL adalah statement untuk mendifinisikan objek-objek basis data, contohnya membuat sebuah tabel basis data dan kolom-kolomnya. Sedangkan DML adalah kumpulan aturan untuk memanipulasi data, contohnya seperti menyimpan data ke dalam tabel, mengeksekusi / menampilkan data, mengubah serta menghapus data tersebut dari tabel data.

Website statis dan website dinamis

Website statis pada umumnya menggunakan script html yang mana untuk file yang dieksekusi dari browser menggunakan ekstensi akhiran”.html”. Sedangkan website dinamis sering yang kita jumpai menggunakan script php, namun ada juga yang menggunakan jsp, asp, cold fusion, dan lain-lain. Namun untuk saya sih cenderung memakai PHP karena mudah dipelajari, banyak dokumentasi dan juga banyak programmer profesional yang melakukan developtment atau pengembangan di script PHP. Script web dinamis harus didukung oleh webserver, yang mana harus menyediakan algoritma penerjemah bahasa dari script mentah menjadi halaman yang disajikan kepada user / visitor web tersebut.
Jenis SQL yang sering digunakan oleh programmer web biasanya adalah MySQL dan PostgreSQL. Tidak semua web server di pasaran menyediakan ke-2 fasilitas tersebut. Namun tenang saja, Anda bisa menggunakan 2 bahasa SQL yaitu MySQL dan PostgreSQL tadi dengan menggunakan web hosting server WHA. Ya, kami sebagai developer berusaha menyediakan fasilitas yang maksimum untuk para developer lainnya. 
Saya kira itu yang bisa saya jelaskan untuk pengertian website, cara kerja dan aspek pentingnya. Jika artikel ini dianggap masih ada yang kurang oleh kawan-kawan silahkan berkomentar atau sekedar menyapa saya di chat bagian footer personal site saya ini. Terima kasih atas kunjungannya di artikel pengertian website atau situs web.

No comments:

Post a Comment